Literasi Digital : Fondasi untuk Kesadaran Teknologi

Dikutip dari buku Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) karya Devri Suherdi, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya. Literasi digital juga melibatkan kemampuan untuk memahami dan memproduksi teks multimodal, serta pengetahuan dalam memproduksi media lain seperti merekam dan mengunggah video. Literasi digital memerlukan keterampilan belajar dan inovasi, serta ketrampilan kehidupan dan karir.

Manfaat literasi digital yaitu kemampuan untuk mencari informasi untuk menambah wawasan, meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir,meningkatkan daya focus dan konsentrasi serta meningkatkan kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat dan menulis informasi.

Adanya literasi digital membantu kita dalam mengantisipasi dan mengakomodasi perkembangan teknologi yang cepat dan perubahannya, serta mengembangkan kemampuan untuk secara kritis memahami dan menanggapi situasi yang ada, terutama di masa kini yang kegiatannya banyak dilakukan secara daring maupun luring melalui media digital. Literasi digital membantu membangun sumber daya manusia yang berkualitas dengan melatih kemampuan individu untuk menyerap, mencerna informasi, dan menyampaikan melalui teknologi digital, serta mengembangkan wawasan individu. Kemampuan literasi digital ini tentu juga dapat dijadikan sebagai kesiapan atau kompetensi tersendiri dalam untuk menghadapi kebutuhan dasar dalam bekerja, beradaptasi, dan bersaing dalam masyarakat di era digital.

Di era digital ini, teknologi sudah semakin maju dan telah merambah setiap aspek kehidupan kita, perubahan teknologi yang sangat pesat dan penuh dengan peluang dan juga tantangan. Berikut adalah beberapa cara literasi digital membantu individu dan masyarakat untuk mengatasi tantangan teknologi:

  • Memahami dan Mengenali Teknologi Baru

Dengan memahami dan mengenali teknologi baru setiap individu dapat mengambil keputusan yang bijak untuk penggunaan teknologi yang baru.

  • Proteksi Data Diri

Literasi digital ini dapat membantu untuk memahami pentingnya keamanan data diri, salah satuya yaitu melindungi data pribadi dari pencurian.

  • Penggunnaan aplikasi komunikasi

Di era modern ini literasi digital memungkinkan individu untuk menggunakan aplikasi komunikasi modern untuk bertukar informasi.

  • Peningkatan keahlian digital

Literasi digital dapat meningkatkan keahliat dalam pekerjaan seperti pemahaman tentang software maupun hardware, platform online, dan lain-lain.

  • Akses sumber pendidikan online

Saat ini literasi digital memungkinkan untuk akses lebih luas sumber daya pendidikan secara online dan ini dapat membantu memperluas kesempatan pendidikan.

  • Evaluasi informasi online

Literasi digital membantu individu untuk berfikir kritis agar dapat menyaring informasi yang ditemui di online dan membedakan informasi mana yang dapat dipercaya.

  • Pemanfaatan teknologi untuk kreativitas

Literasi digital dapat mendorong individu maupun masyarakat menggunakan teknologi untuk mengekspresikan kreatif, inovasi.

Pendidikan liiterasi digital ini sangat penting di era modern, terutama perkembangan teknologi yang semakin maju. Dengan mementingkan pendidikan literasi digital, baik masyarakat maupun individu dapat menciptakan lingkungan di era modern ini agar lebih aman dan bermanfaat. Pendidikan ini dapat menjadi fondasi yang penting masyarakat di era modern.

Berikut link video youtub mengenai penjelasan artikel ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 − 84 =