PEMANFAATAN ‘STUDY STREAM’ PLATFORM ONLINE GRATIS DALAM MENDORONG MOTIVASI BELAJAR

Semua siswa maupun mahasiswa pasti pernah berada di fase turunnya motivasi untuk belajara sehingga membuat siswa/mahasiswa tersebut menjadi malas untuk belajar bahkan tidak termotivasi untuk melakukan hal lain. Terlebih pada masa pandemi, semua orang tidak bisa bertemu secara fisik, para pelajar hanya dapat belajar di rumahnya masing-masing secara daring. Hal itu dapat memicu rasa bosan karena pelajar tidak dapat bertemeu dengan teman-temannya dan untuk pelajar yang merasa cara belajarnya lebih efektif jika ada orang yang menemaninya akan turun motivasi belajarnya. Oleh sebab itu, dengan adanya platform belajar online ini dapat membantu bagi para pelajar yang membutuhkan sosok teman secara virtual. Terdapat platform belajar online seperti studystream, here.fm, dan studytogether. Salah satu platform yang terkenal adalah study stream.

Apa itu study stream?
Study stream yakni platform belajar online yang memperantarai siswa bertemu dengan siswa lain dari berbagai daerah, pulau, bahkan luar negeri untuk belajar bersama melalui beberapa ruang virtual aplikasi discord atau zoom. Dalam satu sesi ruang virtual, semua orang dapat fokus dengan apa yang sedang dikerjakan masing-masing orang sehingga kita tidak akan terganggu dengan aktivitas orang lain. Hal itu dapat memotivasi orang-orang yang bergabung di ruang virtual tersebut untuk menyelesaikan studinya dan atau dapat bekerja dalam kelompok sebaya. Pelajar dapat bergabung dengan pelajar-pelajar lainnya kapan saja dan tidak dibatasi oleh waktu.

Terdapat dua server yang dapat kita pilih, yaitu pre-university students dan university student and young professionalis. Saat memasuki salah satu server, pelajar dapat menyalakan atau mematikan kameranya yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing pribadi. Untuk fitur microphone, tidak dapat diaktifkan karena bisa saja mengganggu orang lain yang sedang fokus dengan pekerjaannya.

Mengapa hal ini dapat mendorong motivasi belajar?
Orang-orang pada umumnya dapat berperilaku sedikit berbeda, ketika tahu bahwa mereka sedang diawasi. Hal ini akhirnya menyebabkan pelajar meniru orang lain belajar. Sebab, pelajar akan merasa tegang apabila ia tidak melakukan apa-apa. Sementara itu, orang lain yang di depan kamera sedang belajar. Sehingga hal ini dapat membuat pengalaman belajar menjadi lebih produktif.

Bagaimana caranya bergabung study stream?
1. Pastikan akun zoom sudah tersambung untuk mempercepat proses bergabung ke server. Lalu carilah “studystream.com” di google.
2. Klik “focus room” dan pilih lah server yang diinginkan.
3. Setelah memilih server, klik “Take me to the Focus Room” yang diberikan di jendela pop up situs ini. Kemudian akan disambungkan ke aplikasi zoom.
4. Ketika sudah menyetujui pedoman komunitas, kemudian dapat bergabung dengan ruang belajar dengan video atau tanpa video.
5. Setelah bergabung dengan ruangan, kamu dapat melihat semua siswa mempresentasikan pekerjaan mereka sendiri.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di video pada link di bawah ini

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 3