GRAB : START-UP LAYANAN TRANSPORTASI TERBESAR SE-ASIA TENGGARA

Perusahaan Grab didirikan oleh Anthony Tan dan Hooi Ling Tan yang merupakan warga negara Malaysia, mereka melihat adanya dampak negatif dari tidak efisiennya sistem transportasi yang ada pada saat itu. Merekapun memiliki ide untuk membuat aplikasi pemesanan transportasi, khususnya taksi, yang kemudian menoba tkan mereka sebagai finalis dalam Kontes Harvard Business School’s 2011 Business Plan.

Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) merupakan salah satu platform O2O yang bermarkas di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara. Mereka menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan termasuk perjalanan, pesan-antar makanan, pengiriman barang – dan pembayaran menggunakan dompet digital. Saat ini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Grab saat ini telah menyandang status sebagai startup “decacorn” (sebutan untuk startup yang memiliki valuasi perusahaan sebesar US$10 miliar) pertama di Asia Tenggara.

Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), taksi (GrabTaksi), kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling (GrabHitch Car). Saat ini Grab tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Banda Aceh – Aceh hingga Jayapura – Papua .

Aplikasi Grab menawarkan 6 pilihan layanan transportasi mulai dari taksi, mobil pribadi, sepeda motor hingga pengiriman paket untuk memenuhi kebutuhan penumpang di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Indonesia yaitu meliputi:

  1. GrabTaxi

GrabTaxi merupakan layanan Grab yang memberikan akses dan kemudahan bagi penumpang untuk menemukan driver Taxi terdekat. GrabTaxi sangat efisien karena bisa mencari serta menemukan driver taksi dengan cepat melalui aplikasi. Sisi keamanan nya juga terjamin karena driver sudah berpengalaman serta memiliki jaringan armada terluas di Indonesia.

2. GrabCar

GrabCar memberikan layanan sewa kendaraan pribadi dengan supir dimana menghadirkan kebebasan pilihan untuk kenyamanan serta keamanan berkendara. Tarif Grabcar pasti karena dapat dilihat langsung melalui aplikasi ditambah tanpa biaya pemesanan. Menggunakan Grabcar juga sudah terlindungi dengan asuransi kecelakaan untuk maksimal 6 penumpang dalam 1 kendaraan.

3. GrabBike

GrabBike memberikan solusi alat transportasi cepat untuk menembus kemacetan. Keamanan juga terjamin karena biker sudah terdaftar dan memiliki lisensi dengan atribut lengkap. Selain itu catatan perjalanan juga transparan sehingga bisa sebagai pertimbangan bagi konsumen. Tarif nya sudah pasti terjangkau sehingga tidak perlu tawar menawar soal biaya perjalanan.

4. GrabExpress

GrabExpress menawarkan layanan kurir kilat berbasis aplikasi dengan kecepatan, kepastian dan keamanan terbaik. Untuk mengantar dokumen maupun paket sangat dapat diandalkan karena waktu kirim nya tergolong singkat. Selain itu jaminan asuransi mencapai 10 juta rupiah juga memberikan kenyamanan bagi konsumen. Tarifnya juga cukup terjangkau mulai 15 ribu rupiah.

5.GrabFood

GrabFood merupakan layanan pesan antar makanan yang memiliki pilihan beragam menu dari restoran berkualitas. Proses antar makanan nya juga cepat sehingga bisa diandalkan kapan saja. Kualitas makanan akan tetap terjaga karena menggunakan tas thermal yang sudah didesain khusus.

6. GrabFresh

GrabFresh memberikan kemudian untuk belanja kebutuhan sehari-hari melalui aplikasi yang kemudian diantar ke rumah melalui driver. Banyak toko maupun produk yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan setelah itu personal shopper akan melanjutkan order anda dengan memilih produk terbaik. Jika produk tidak sesuai dengan pesanan maka dapat ditukar atau dikembalikan.

Apa Aja sih Kelebihan dari Aplikasi GRAB ?

  1. Grab memiliki layanan yang baik yaitu driver ojek, driver car, driver taksi tercepat dan grab express untuk mengirim paket atau dokumen dengan layanan karir.
  2. Jumlah pengemudi terbesar se-Asia Tenggara dan termasuk Indonesia.
  3. Grab  memberlakukan sistem tarif flat. Jadi harga perjalanan akan ditentukan di awal, dan pelanggan tidak perlu berkeringat bila terjebak macet yang lama karena harganya tetaplah sama.
  4. Pengemudi yang sudah terlatih dan adanya kerja sama dengan pihak keamanan dengan pemerintah.
  5. Adanya asuransi kecelakaan untuk menjamin pelanggan Grab.
  6. Mempermudah pembayaran baik secara tunai, kartu kredit dan mobile wallet.
  7. Secara user interface, GrabCar memiliki desain yang lebih elegan dibandingkan dengan taksi lainnya.
  8. Sistem pemesanan Grab lebih mudah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *