Cara Mudah Tanpa Ribet dan Anti Galau Buat Tuning Senar Gitar Dengan Aplikasi GuitarTuna

Aplikasi GuitarTuna adalah alat bantu untuk tunnng gitar secara digital dan lebih efisien dibandingkan dengan tunner digital manual yang hanya terdapat pada satu jenis alat musik saja, aplikasi ini sangatcocok untuk membantu proses tuning terutama pada alat musik gitar.Tak hanya sebagai tunner pada alat musik gitar saja , aplikasi GuitarTuna juga dapat sebagai pocket tunner untuk berbagai alat musik yang menggunakan dawai lainnya seperti ukulele ,bass ,violin ,banjo ,dan lain-lain .Aplikasi GuitarTuna sangat praktis digunakan karena ketika kita ingin memainkan alat musik namun masih kesulitan dalam menyelaraskan nada (tune) pada alat musik dawai tersebut kita tidak perlu repot-repot membeli berbagai macam tunner yang memang dikhususkan untuk satu alat musik saja ,karena dengan aplikasi GuitarTuna segala macam tunner dari berbagai jenis alat musik dawai sudah terdapat dalam aplikasi tersebut.

Tersedia di ponsel Android dan iPhone (iOS), GuitarTuna ideal untuk musisi dan siswa yang masih kesulitan maupun belum mengetahui cara menyetel instrumen mereka dengan benar dan presisi yang tepat sehingga menciptakan efek nada harmoni maupun kromatik yang pas. Proses dinamis melalui perangkat lunak memalui audio dan speaker gawai untuk menyesuaikan suara dari nada alat musik yang ingin kita tunning baik di sembarang tempat dan waktu, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Keunggulan dari aplikasi GuitarTuna dibanding dengan aplikasi tunner lainnya yaitu aplikasi ini sangat simple dan tidak membutuhkan banyak ruang penimpanan namun memiliki berbagai macam fitur yang banyak dibanding aplikasi tunner lainnya, dan terlebih lagi aplikasi GuitarTuna merupakan aplikasi tunner yang paling populer dan di rekomendasikan oleh playstore aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan beberapa penggunanya diantaranya guru bahkan direkomendasikan oleh para pakar alat musik tersebut.

Versi gratis dari aplikasi ini tidak memerlukan segala jenis login atau registrasi untuk mengakses alat namun jika ingin memilikinya secara full version anda dapat melakukan registrasi dan membayar lewat google payment maka setelah melalui proses verivikasi fitur-fitur yang sebelumnya terkunci dapat dibuka dan digunakan selamanya. Setelah pemasangan, cukup posisikan ponsel di sebelah gitar dan gunakan indikator pada layar untuk menambah atau mengurangi ketegangan senar hingga Anda mencapai nada yang benar. Inilah cara menggunakan GuitarTuna untuk menyetel gitar Anda dengan ponsel Anda. Kiatnya untuk model ponsel dengan sistem operasi Google dan Apple.

Langkah – Langkah menggunakan aplikasi GuitarTuna :

  1. Siapkan alat musik yang akan di setel / tunning
  2. Siapkan aplikasi GuitarTuna pada gawai Anda dan klik untuk menginstal
  3. Tunggu aplikasi GuitarTuna hingga terinstal sepenuhnya
  4. Jalankan Aplikasi GuitarTuna

Ketika menggunakan aplikasi GuitarTuna sebetulnya sangat mudah,ketika anda masuk dalam aplikasi tersebut maka secara otomatis anda akan disughkan beberapa tampilan sebagai berikut :

Lalu ketika anda ingin menyetem alat musik anda dengan contoh gitar maka anda dapat langsung menuju bagian tunner dngan cara :

  1. Kita pilih dana “E” dan petik senar gitar nomer “1” secara terus menurus dan teratur.

2. Grafik akan menuntun anda apabila terlalu kencang atau sebaliknya dalam menyetem gitar , anda tingga menyesuaikan pin pada grafik hingga berwarna hijau.

3. Setelah nada pada senar nomor 1 sudah selesai maka lanjut pada senar ke-dua  dengan nada “B”, senar ke-tiga dengan nada “G” , senar ke-empat dengan nada “D” , Senar ke-lima dengan nada ”A” , dan senar ke-enam dengan nada “E” pada posisi nada yang tinggi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *