Pemanfaatan IT di Masa Pandemi Covid-19

Sudah satu tahun lebih masa pandemi covid-19 ini berlangsung, namun seperti yang kita lihat dan rasakan bahwa pandemi ini belum berakhir sepenuhnya. Berbagai macam variasi covid-19 terus bermunculan dan membuat bangsa Indonesia khawatir bagaimana keadaan kedepannya nanti, karena pandemi ini menyebabkan dampak di berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Meskipun saat ini Indonesia sedang menerapkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau yang disebut PPKM angka Covid-19 di Indonesia tetap meningkat. Masih banyak dari masyarakat Indonesia yang melanggar aturan-aturan saat PPKM sedang berlangsung.

            Di Era Milenial ini tentu saja kita sudah menyadari dan merasakan sendiri perkembangkan IPTEK, yang mana itu bisa menjadi salah satu hal yang bisa dimanfaatkan kaum Generasi Muda dalam menanggulangi pandemi Covid-19 di Indonesia. Lalu, sebagai kaum Generasi Muda apakah yang harus dilakukan untuk membuat inovasi sebagai kaum penggerak dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini, tentu saja banyak sebab generasi sekarang sudah lebih terpengaruh dengan kemajuan teknologi, akan tetapi kebanyakan diantaranya mengakibatkan dampak negatif pada dirinya sendiri, padahal dari perkembangan IT ini, banyak sekali hal positif yang dapat diambil terutama dalam menanggulangi dampak Covid-19 di Indonesia.

            Salah satu manfaat teknologi saat pandemi covid-19 contohnya adalah pembelajaran daring yang memanfaatkan teknologi handphone atau laptop seperti menggunakan aplikasi zoom. Cara ini bisa dibilang yang terbaik karena bisa menghindari penyebaran virus covid-19, tidak hanya di bidang pendidikan, namun sekarang pun masyarakat juga kerja dirumah secara daring atau yang disebut Work From Home. Kita pun sebagai kaum milenial juga menghindari kegiatan seperti nongkrong di tempat keramaian dan itu salah satu peran penting sebagai generasi milenial.

            Sekarang ini di Indonesia juga sudah ada yang namanya teknologi vaksin, dan sekarang pun vaksin dijadikan syarat untuk kita melakukan kegiatan tatap muka atau kegiatan yang dilakukan diluar rumah. Karena vaksin ini sangat penting untuk melemahkan virus-virus yang dapat membuat resiko terkena covid-19 ini berkurang. Akan tetapi, dengan adanya vaksin tidak membuat seluruh masyarakat ingin melakukan vaksin, ada beberapa masyarakat yang menolak melakukan vaksin karena masih ragu-ragu. Padahal, seperti yang kita ketahui vaksin merupakan suatu hal yang penting juga untuk menghilangkan kekhawatiran akan pandemi covid-19 dan juga bertujuan agar kehidupan bisa kembali normal lagi.

            Sebagai generasi muda, kita harus memanfaatkan teknologi dengan baik di masa pandemi ini, sebagai salah satu contohnya adalah mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan pandemi covid-19 dan dilakukan dengan aplikasi zoom, dengan zoom ini kita bisa mengadakan pertemuan virtual tanpa adanya kontak langsung dan tidak beresiko terkena covid-19, selain itu juga kita bisa mengupload kegiatan kita di media sosial dengan membuat status atau story agar masyarakat tahu bahwa generasi muda turut serta dalam menanggulangi pandemi covid-19 di Indonesia. Selain itu, dalam hal teknologi e-commerence juga semakin popular, kalangan UMKM juga lebih sadar lagi akan peningkatan teknologi di dunia digital agar bisnis di Indonesia tetap berjalan di masa pandemi dan akan lebih terbiasa untuk kedepannya nanti.

            Selain daripada itu, yang utamanya adalah sebagai generasi muda dan masih pelajar, memanfaatkan daring ini sangatlah penting. Karena ketika pandemi dimulai kelompok pelajar ini mengalami dampak yang sangat besar ketika mereka sedang giatnya mengejar cita-cita, mereka harus melewati tantangan yang sangat besar ketika tidak bisa interaksi dengan guru langsung ataupun dengan teman, maka dari itu dalam kondisi sekarang hal-hal terbaik yang diberikan harus dimanfaatkan dengan baik agar apapun yang sedang kita ingin raih tetap terus bisa kita jalani meskipun dalam kondisi yang berbeda dari sebelumnya.

            Selama pandemi ini masih berlangsung, tentu hal yang paling sulit adalah komunikasi secara langsung dan tatap muka, karena apabila kita ambil contoh di suatu keluarga, apabila ada yang terpapar covid-19 keluarga pun tidak diperbolehkan untuk menjenguk pasien. Akan tetapi, generasi muda pun berinisatif untuk para pasien menggunakan tablet untuk berkomunikasi dengan keluarga yang dirumah, dan juga dalam mengembangkan teknologi konferensi video ini juga dapat membuat dokter dan perawat pun terhubung dengan keluarga pasien dan hal ini patut dilakukan selama masa pandemi berlangsung agar bisa terbiasa untuk kedepannya.

            Adapun pemanfaatan teknologi di masa pandemi melalui bidang parawisata, dan hal itu pun sudah diadaptasi dalam keseharian sebelum masa pandemi, contohnya adalah aplikasi yang umum digunakan di Indonesia yaitu Computer Simulation yang digunakan untuk memprediksi dan menganalisa situasi dari berbagai kebijakan yang diambil. Salah satu aplikasinya adalah GIS, GIS ini dapat digunakan untuk memetakan sumber daya yang ada di destinasi seperti sumber daya alam dan keadaannya. Beberapa ahli pun menjadikan ini sebagai konsep pariwisata berkelanjutan dan tujuan akhir dari smart tourism. Hal ini juga bisa disebut pariwisata virtual.

Harapan kita adalah semoga di masa pandemi ini pemanfaatan teknologi ini bisa sangat membantu terutama generasi muda yang lebih paham bagaimana perkembangan IT di zaman milenial ini, karena hari demi hari pun semua makin berkembang tidak hanya teknologi di bidang pendidikan, namun di semua bidang juga harus bisa kita ikuti perkembangannya agar apabila masa pandemi ini terus berlanjut segala dampak yang buruk pun bisa diatasi dan juga mulai terbiasa nantinya suatu saat pandemi sudah berakhir di Indonesia.

Video YouTube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *