PEMANFAATAN WHATSAPP STORY UNTUK BERJUALAN ONLINE SHOP

Apabila mendengar kata “whatsapp” pasti yang ada dibenak kalian adalah chatting,vidcall, dan buat story kan? Yak, karena seperti yang kita ketahui, whatsapp adalah aplikasi untuk berkomunikasi, entah itu dengan cara chatting, telepon, panggilan video (video call), pesan suara (voice note), dll. Namun selain untuk berkomunikasi, whatsapp juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan online shop, lho. Yaitu dengan memanfaatkan fitur whatsapp storynya.

Whatsapp memang aplikasi yang terpercaya dan sudah banyak sekali orang yang memakainya. Di masa pandemi, banyak orang yang memanfaatkan whatsapp sebagai saran untuk berjualan online, karena memang fitur-fiturnya yang mudah untuk digunakan dan mayoritas orang juga menggunakannya. Sehingga whatsapp adalah sarana yang cocok digunakan untuk berjualan online, apalagi untuk yang masih pemula. Apalagi, di masa pandemi, banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaannya. Sehingga, whatsapp dijadikan sebagai salah satu aplikasi untuk menambah penghasilan.

Whatsapp memiliki fitur whatsapp story, yang mana selain untuk membagikan kegiatan sehari-hari, juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Melalui Whatsapp story, para penjual online juga bisa menargetkan kepada siapa storynya bisa ditonton, yaitu dengan mengatur privasi status. Dalam fitur whatsapp story, penjual dapat melihat siapa yang sudah menonton storynya, sehingga setelah ada orang yang melihat storynya, penjual dapat melakukan promosi dengan melakukan chat pribadi dengan orang tersebut. Di dalam fitur whatsapp story, penjual dapat menyertakan foto produk beserta caption sebagai informasi dari produk yang dijual. Penjual juga bisa menambahkan link e-commerce (shopee, tokopedia, lazada,dll) miliknya ke dalam fitur whatsapp story, sehingga pembeli dapat dengan mudah memesan produk kita.

Para penjual online shop, biasanya mengambil barang dari e-commerce, yang kemudian dipasarkan melalui whatsapp story. Yang mana, biasanya penjual online shop tersebut menggunakan sistem PO (Pre-Order), yaitu aktivitas jual beli antara pembeli dan penjual, dimana barang belum tersedia, sehingga si pembeli harus memesan terlebih dahulu kepada penjual. Dan sistem PO ini, si pembeli harus menunggu selama maksimal 7 hari sebelum barang tersedia. Sistem PO ada yang dilakukan dengan memesan dan bayar terlebih dahulu atau memesan dan membayar setelah barang sudah tersedia. Sistem PO ini banyak digunakan oleh para penjual pemula, karena tidak memiliki resiko yang besar.

Di dalam kontak Whatsapp penjual online shop, biasanya tidak hanya orang yang berasal dari daerahnya saja, tetapi juga berasal dari luar kota. Untuk itu, setelah barang yang dipesan oleh pembeli sudah tersedia, maka untuk pembeli luar kota, barang harus dikirim. Pengiriman tersebut dapat melalui ekspedisi, seperti J&T, JNE, Si Cepat atau ekspedisi lainnya yang terdekat. Setelah barang diproses oleh pihak ekspedisi, maka nanti akan diberi nomor resi yang dapat melacak keberadaan paket. Sehingga apabila paket belum sampai tujuan, sebaiknya resi jangan dibuang ya.

Kemudian selain sistem pengiriman, ada juga yang dinamakan dengan sistem COD. Sistem COD ini digunakan untuk pembeli yang berasal dari daerah yang sama dengan penjual. Sistem COD (Cash On Delivery) adalah transaksi jual beli antara pembeli dan penjual, yang mana si pembeli dan penjual harus bertemu di tempat dan waktu yang sudah disepakati antara keduanya untuk kemudian melakukan penyerahan dan pembayaran barang. Sistem COD ini memiliki kelebihan yaitu, barang pesanan pembeli dapat dicek oleh pembeli pada saat itu juga, sehingga dapat menghindari kesalahan barang yang dipesan.

                Adapun kelebihan berjualan online shop dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, yaitu :

  1. Dapat dengan mudah melakukan penjualan barang karena Whatsapp banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia
  2. Sangat mudah digunakan
  3. Memiliki fitur yang dapat digunakan sebagai media promosi, seperti pesan siaran (broadcast message), whatsapp story. Untuk berjualan sebaiknya menggunakan Whatsapp Business karena memiliki banyak fitur khusus untuk penjualan. Dalam artikel ini hanya dijelaskan penjualan melalui Whatsapp story.
  4. Tanpa modal, karena menggunakan sistem PO (Pre-Order)
  5. Dapat digunakan untuk membuat grup jualan, sehingga akan mudah melakukan promosi dan memberikan detail barang kepada pelanggan atau anggota grup.

Itulah beberapa kelebihan yang dapat ditemukan, apabila kita menggunakan aplikasi whatsapp untuk berjualan online. Kemudian untuk tutorial menggunakan fitur whatsapp story untuk berjualan online yang tepat dan dapat meningkatkan penjualan, akan dijelaskan di dalam video pada link di bawah ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 59 = 62