Google Assistant, Asisten Virtual Cerdas!

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu membawa dampak serta pengaruh kepada manusia. Seiring berkembangnya teknologi, internet juga ikut semakin berkembang semakin luas. Berkat hal tersebut manusia bisa menjangkau segala sisi dengan mudah dan cepat. Semakin majunya teknologi dan internet membuat manusia terfasilitasi dengan banyaknya kemudahan dan kepraktisan yang bisa dengan mudah dirasakan. Sehingga, generasi sekarang semakin lekat dan tak terpisahkan dari internet dan gawai mereka. Faktanya, akhir-akhir ini bukan hanya anak muda yang merasa candu akan kehadiran internet dan teknologi, sehingga selama hampir 24 jam hidup manusia sekarang tak lepas dari internet dan teknologi.

Salah satu perkembangan teknologi dan internet yang dapat dengan mudah kita akses adalah Google Assistant atau asisten Google. Google Assistant diluncurkan pada 18 Mei 2016, merupakan asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan, yang dikembangkan oleh mesin pencarian terbesar yaitu Google yang tersedia di perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Google Assistant menawarkan fitur-fitur yang canggih dan dapat mempermudah kegiatan manusia. Dengan hadirnya Google Assistant, kita bisa melakukan beberapa hal dengan lebih mudah dan cepat.

Beberapa hal yang dapat Google Assistant lakukan untuk menolong Anda di bermacam situasi, diantaranya :

  1. Membuat remainder
    Untuk Anda yang terbiasa membuat jadwal atau agenda kegiatan di smartphone, maka Google Assistant bisa membantu ‘mengingatkan’ sebagai alarm. Cukup dengan memberikan perintah mudah, contohnya seperti: “Ok google, ingatkan saya ada rapat jam 8 malam”, maka Google Assistant akan merespon dengan jawaban dan membuat alarm di smartphone Anda.
  2. Cek kondisi hari ini
    Saat Anda ingin mengetahui kondisi cuaca atau jadwal Anda pada hari ini, anda cukup mengatakan : “Ok google gimana hari ini”, maka Google Assistant akan memberikan informasi lengkap mengenai cuaca, dan jadwal Anda hari ini.
  3. Informasi tempat
    Saat Anda berjalan-jalan, dan ingin menemukan sebuah tempat, Anda dapat dengan mudah menemukannya, hanya dengan bertanya kepada Google Assistant. Contohnya: “Ok google dimana pom bensin terdekat”, maka Google akan mengarahkan Anda menuju lokasi yang Anda inginkan.
  4. Arahkan ke lokasi tertentu
    Ingin pergi ke tempat wisata?, dengan Google Assistant Anda dapat lebih mudah menemukan jalan menuju lokasi yang Anda inginkan. Caranya dengan mengatakan : “Ok google arahkan saya ke jalan …”, maka Google Assistant akan menunjukkan rute terbaik untuk menuju lokasi tersebut.
  5. Kirim pesan WhatsApp
    Mengirim pesan ke seseorang saat berkendara?, bisa banget minta bantuan ke Google Assistant dengan mengatakan : “Ok google kirim pesan ke .. isinya …”, maka Google Assistant akan menjalankan perintah sesuai keinginan Anda.
  6. Info film di bioskop
    Ingin tahu film apa saja yang sedang tayang di bioskop?, tanya aja ke Google Assistant, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan informasinya.
  7. Kalkulator
    Mau hitung-hitung, tapi ngga mau ribet?, langsung ucapkan saja ke Google Assistant, biar Google Assistant yang hitung, dan Anda tinggal menerima hasilnya.
  8. Notes
    Google Assistant juga bisa banget buat dijadikan sebagai notes ketika Anda menyimpan barang dan takut kelupaan. Caranya cukup bilang: “Ok google ingat … Saya simpan di …”, Google Assistant akan langsung mengingatnya.
  9. Putar video di YouTube
    Memutar video di YouTube, Google Assistant juga bisa dong, cukup bilang : “Ok Google, Putar video … tentang …”, dan selanjutnya Anda bisa menonton video yang Anda inginkan.
  10. Menerjemahkan ke bahasa asing
    Saat jalan-jalan ke luar negeri tapi tidak tahu bahasanya? waah ngga perlu khawatir, karena Google Assistant juga jago banget menerjemahkan ke bahasa asing. Dengan bilang : “Ok google terjemahan … dalam bahasa ..”, Google Assistant pasti akan langsung menerjemahkannya.
  11. Mengoperasikan peralatan rumah.
    Kelebihan atau fungsi lain Google assistant adalah dapat terhubung ke beberapa peralatan rumah seperti remote tv, speaker, kunci rumah hingga lampu dengan sistem tertentu.

Nah, itu tadi beberapa fungsi dan fitur yang Google Assistant dapat jalankan. Pastinya sangat menarik dan canggih kan?. Mungkin kedepannya Google Assistant juga akan lebih banyak berkembang dan memberikan fitur-fitur yang semakin bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari manusia.
Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada link video berikut : https://youtu.be/uOu6JuDrzXA

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 4 = 3