Pemanfaatan Artificial Intellegence di Bidang kesehatan

Link Youtube: https://youtu.be/UsKmybzaOO4

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) di bidang kesehatan dimanfaatkan dalam pemeriksaan kesehatan yang meliputi peningkatan akurasi diagnosis dan prognosis, pengoptimalan proses di rumah sakit. Deteksi otomatis kelainan pada digital imaging atau pencitraan digital, serta menemukan pengetahuan media baru. Potensi Ai dalam layanan kesehatan sangan besar. Ai memiliki potensi untuk membantu para dokter dan peneliti untuk mencegah penyakit, mempercepat pemulihan dan menyelamatkan nyawa dengan membuka data kompleks. Ai juga dapat membebaskan para petugas dari tugas yang monoton sehingga pekerja dapat focus pada pasien atau penelitian.

  • Mempercepat Pengembangan Obat Baru

Obat-obat yang dapat kita konsumsi saat ini adalah hasil dari penelitian yang tidak murah. Dibutuhkan miliaran dolar untuk penelitian hingga menempatkan obat pada uji klinis, itupun kebanyakan hanya 10% yang berhasil dijual di pasaran. Itulah yang kemudian juga mendorong tren penggunaan AI dalam pengembangan obat baru. Salah satu contoh terobosan yang berhasil diwujudkan oleh teknologi AI terjadi pada tahun 2007. Robot AI bernama Adam ditugaskan oleh para peneliti untuk mendalami fungsi ragi. Dari milyaran titik data dalam database untuk hipotesis tentang 19 gen ragi, Adam berhasil memprediksi 9 hipotesis baru dan akurat. 

  • Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Rumah Sakit

Berdasarkan sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan terhadap 35.000 ulasan dokter, didapatkan data bahwa 96% dari total keluhan pasien, terkait dengan layanan. Pelanggan mengeluhkan akan prosedur yang rumit, dokumen yang membingungkan dan layanan petugas resepsionis atau administrasi yang membuat mereka kurang nyaman. Bagian pelayanan pasien menjadi salah satu bidang yang ditargetkan agar menjadi lebih praktis dan menyenangkan dengan dukungan teknologi AI. Berbagai inovasi diciptakan untuk membantu staf rumah sakit agar dapat memproses data lebih banyak dan melayani pasien lebih cepat. Beberapa contoh diantaranya adalah Babylon Health, Spring Health dan One Drop yang membantu memproses layanan lebih cepat untuk pasien.

  • Mendukung Proses Operasi

Operasi masih menjadi tindakan medis yang paling rumit dan membutuhkan waktu paling lama. Terlebih lagi bagi pasien yang tinggal di daerah dengan jumlah fasilitas kesehatan lebih sedikit, harus mengantri lebih lama untuk operasi besar. Itulah mengapa teknologi AI juga banyak dikembangkan untuk mewujudkan robot yang dapat membantu proses operasi agar lebih cepat. Robot dilengkapi dengan berbagai komponen utama seperti lengan mekanik, instrumen bedah, dan kamera. Dokter bedah dapat mengendalikan lengan mekanis robot dan melakukan proses operasi melalui komputer dengan panel kendali. Kamera pada robot akan memberikan gambar tiga dimensi yang diperbesar dan memudahkan dokter untuk melihat hingga bagian-bagian mikro. Beberapa contoh robot yang dimanfaatkan untuk mendukung proses operasi adalah Vicarious Surgical, Auris Health, dan The Accuray CyberKnife System. 

  • Mengelola Data Medis

Data medis juga menjadi salah satu perhatian utama, mengingat posisi layanan kesehatan sebagai salah satu basis data besar. Kesulitan pencarian data pasien atau bahkan kehilangan rekam medis masih sangat rentan terjadi. Padahal data tersebut bisa sangat berpengaruh bagi keberhasilan penanganan dan pengobatan pasien. Kemampuan teknologi AI dalam menghubungkan titik data lebih cepat, menjadi sangat penting untuk memberikan dukungan di bagian ini. Analisis data rekam medis pasien dapat dilakukan lebih cepat untuk merumuskan rencana penanganan yang paling efektif dan efisien. 

  • Meningkatkan Akurasi Diagnosa Penyakit

Buktinya, 10% dari seluruh kematian di Amerika Serikat pada tahun 2015 diakibatkan oleh kesalahan diagnosa. Itulah sebabnya, masalah ini menjadi salah satu perhatian penting dalam pengembangan AI untuk layanan kesehatan. Teknologi AI bahkan bukan hanya diupayakan untuk memperkecil potensi kesalahan diagnosis, tapi juga mempercepatnya. Tujuannya agar petugas medis dapat menyelamatkan nyawa lebih banyak pasien dengan penanganan yang lebih cepat. Berikut adalah beberapa contoh alat yang berhasil menerapkan prinsip tersebut:

  1. PathAI membantu ahli patologi untuk menghasilkan diagnosis yang lebih akurat bagi pasien kanker sekaligus mengembangkan metode untuk perawatan medisnya.
  2. Buoy Health menggunakan algoritma untuk melakukan diagnosa terhadap pasien dan sekaligus menyusun konsep pengobatan yang diperlukan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 15 =