Penggunaan Duolingo sebagai Media Belajar Bahasa Asing

Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan sebab Pendidikan merupakan fundamental dari suatu negara. Dengan perkembangan pesat teknologi, dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kemajuan beberapa aspek dalam kehidupan. Teknologi yang digunakan secara bijak dapat dapat berdampak psistif dalam proses belajar, kegiatan belajar dapat berjalan secara efektif, efisien dan kreatif. Contoh aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar yaitu aplikasi duolingo.

Duolingo merupakan platform yang menawarkan atau dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa asing secara interaktif melalui game. Pencipta duolingo yaitu Luis Von Ahn dan Severin Hacker. Duolingo dapat diakses dalam versi web serta telah tersedia dalam versi android, iOS ataupun windows phone. Duolingo merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu individu dapat lebih mahir berbahasa asing salah satunya Bahasa internasional/ Bahasa Inggris. Duolingo mengguakan konsep “Bermain sambi belajar” dengan tujuan supaya lebih menyenangkan, tidak mudah bosan dan dapat digunakan oleh semua kalangan. Duolingo masuk dalam kategori aplikasi edukasi, namun cara penggunaannya layaknya bermain game. Di duolingo tidak hanya belajar Bahasa Inggris saja tetapi juga dapat belajar Bahasa asing lainnya seperti, Bahasa Spanyol, Perancis, Italia, Ukraina, Arab, dan bahasa bahasa lainnya yang telah disediakan oleh duolingo. 

Metode belajar yang digunakan duolingo ini berupa Latihan tertulis dan dikte baik dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya berupa mengeja dan menyusun kalimat serta terdapat latihan speaking yang dapat meningkatkan kemahiran kita dalam beucap.  Dengan melalui metode ini dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris, dengan adanya belajar speaking bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dapat belajar ronuncitation nya. Serta dalam duolingo ini terdapat pembenaran jawaban yang salah, dan jika terdapat jawaban yang salah maka soal akan diulangi diakhir sesi. Serta duolingo nemiliki level level yang disesuaikan kemanpuan. Dimana pada masuk duolingo terdapat pilihan fitur yaitu pemula dan tingkat lanjut. Duolingo memiliki target belajar yang dapat di pilih masing masing pengguna. Target ini bisa dimulai dari santai (10 XP atau poin), biasa (20 XP), serius (30 XP), dan hebat (50 XP). Serta terdapat target waktu harian yang terdiri dari, Santai (5 menit/hari), Biasa (10 menit/hari), Serius (15 menit/hari), dan Hebat (20 menit/hari)

Manfaat menggunakan duolingo sebagai media belajar bahasa asing :

  • Meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa asing

Duolingo dalam setiap level maupun sesi terdapat 5-10 kata baru yang dipelajari

  • Dapat berlatih berbicara bahasa asing.

Terdapat latihan mengucapkan berdasarkan tulisan yang telah disajikan maupun menirukan suara dari operator duolingo dan akan  dikoreksi benar tidaknya.

  • Dapat menulis ejaan kata bahasa bahasa asing dengan benar.

Kelebihan dan kekurangan duolingo

Kelebihan

Penggunaan aplikasi disesuaikan dengan kemampuan terdapat fitur bagi pemula dan tingkat lanjut, pemakai juga dapat menentukan target yang diinginkan setiap harinya, latihan soal bukan hanya beupa tertulis tetapi juga berupa gambar dan audio, memiliki sistem yang apabila menjawab pertanyaan salah terdapat pembenaran jawaban, apabila menjawab pertanyaan benar maka secara fleksibel/adaptif sesi selanjutnya soal akan sedikit sulit begitu juga sebaliknya jika menjawab salah yang berulang kali sistem akan memberikan soal yang lebih mudah. Sehingga pengguna dapat mengetahui level kemampuannya. Serta duolingo memiliki pilihan bahasa yang banyak dan cukup lengkap untuk dipelajari.

Kekurangan

Tidak ada pembahsan materi dari soal yang diujikan pada bagian akhir, harus terkoneksi dengan internet dan cukup banyak iklan karena aplikasi ini bersifat gratis serta belum memiliki fitur untuk berkomunikasi antar pengguna.

Video penjelasan dapat diakses melalui link youtube berikut

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 61 = 62