Literasi Digital : Pemanfaatan Aplikasi Discord Untuk Kegiatan Belajar Mengajar

PENGERTIAN DISCORD

Discord adalah VoIP Amerika, perpesanan instan, dan platform distribusi digital yang dirancang untuk membangun komunitas. Discord dibuat untuk membuat dan mengelola komunitas pribadi dan publik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses alat yang berfokus pada komunikasi seperti panggilan suara dan video, ruang obrolan tetap, dan integrasi dengan layanan lain yang berfokus pada gamer.

Discord dapat berfungsi di Windows, macOS, Android, iOS, Linux, dan di browser web. Per 21 Juli 2019, ada lebih dari 250 juta pengguna perangkat lunak tersebut.

MENU DAN FITUR DISCORD

Server
Server adalah kumpulan ruang obrolan tetap dan saluran obrolan suara. Pengguna berkomunikasi melalui panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media, dan file dalam obrolan pribadi atau sebagai bagian dari komunitas.

Channel
Channel dapat digunakan untuk obrolan suara dan streaming, atau untuk pesan instan dan berbagi file. Visibilitas dan akses saluran dapat disesuaikan untuk membatasi akses ke pengguna tertentu, misalnya menandai saluran “NSFW” (Not Safe For Work) mengharuskan orang melihat terlebih dahulu untuk mengonfirmasi bahwa mereka berusia di atas 18 tahun dan ingin melihat konten ini.

Informasi pengguna
Pengguna mendaftar Discord dengan alamat email dan perlu membuat nama pengguna. Agar beberapa pengguna dapat menggunakan nama pengguna yang sama, mereka diberi nomor empat digit yang disebut “diskriminator”, dengan awalan “#”, ditambahkan di akhir nama pengguna mereka.

Panggilan video dan streaming
Panggilan video dan berbagi layar ditambahkan pada Oktober 2017, memungkinkan pengguna melakukan panggilan video pribadi hingga dengan 10 pengguna, kemudian meningkat menjadi 40 karena pandemi COVID-19.

PEMANFAATAN DISCORD UNTUK KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Kegiatan belajar mengajar tidak selalu dilakukan secara langsung (offline) di sebuah ruang kelas dimana terdapat pengajar dan pelajar, kadang kegiatan belajar mengajar juga dilakukan secara daring (online) dikarenakan berbagai alasan. Kegiatan belajar mengajar secara daring sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan aplikasi zoom, google meet, google classroom, dan sebagainya. Discord sendiri dapat menjadi salah satu opsi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring karena memiliki berbagai fitur yang dapat mempermudah kegiatan mengajar.

FITUR DISCORD YANG DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK BELAJAR MENGAJAR

Server

Fitur yang pertama yaitu server, kita dapat membuat sebuah server untuk kegiatan belajar mengajar. Pada aplikasi discord juga sudah terdapat template server untuk kegiatan sekolah , jadi kita hanya perlu menambahkan beberapa fitur agar server yang kita buat dapat berfungsi sesuai keinginan kita.

Room chat (Text channel)

Seperti room chat pada aplikasi lain, room chat discord atau yang sering disebut text channel digunakan untuk mengirim pesan, link, file, dan sebagainya. Namun pada discord kita dapat membuat beberapa room chat pada satu server sesuai kategori, misalnya kita ingin membuat room chat khusus untuk berbagi materi, untuk megajukan pertanyaan kepada pengajar, dan sebagainya.

Voice channel

Sesuai namanya, voice channel digunakan untuk komunikasi antar pengguna. Namun bukan hanya suara, fitur ini juga dapat menampilkan video, entah itu video yang menampilkan diri kita atau video yang menampilkan layar kita saat itu (share screen).

Share screen

Jika kita sudah bergabung di sebuah voice channel, kita dapat melakukan share screen. Fitur share screen pada voice channel dapat kita gunakan untuk kegiatan belajar mengajar seperti pada aplikasi zoom dan google meet.

Play music (with bot)

Fitur lain yang dapat kita akses jika kita telah bergabung ke voice channel yaitu memutar musik. Musik yang telah diupload di berbagai platform dapat diputar dan didengarkan bersama-sama pada voice channel, namun kita harus terlebih dulu menambahkan bot sebelum kita dapat menikmati fitur ini. Fitur ini sering digunakan ketika mengerjakan tugas atau setelah mengerjakan tugas agar pikiran para pelajar kembali rileks.

Bot

Selain untuk memutar musik, banyak bot yang memiliki fungsi lain, seperti mengucapkan “selamat datang” bagi member baru dan “selamat tinggal” untuk member yang keluar, menampikan gambar, menampilkan video, mengingatkan ketika terdapat acara yang akan terlaksana pada waktu dekat, memberi peringatan bahkan melakukan banning terhadap member yang melakukan pelanggaran, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa bot discord dapat ditambahkan ke server secara gratis, namun ada pula yang berbayar, hal itu tergantung pada fitur yang dapat dilakukan bot tersebut.

KESIMPULAN

Dengan berbagai fitur yang diberikan discord harusnya menjadi aplikasi yang dipertimbangkan untuk digunakan pada kegiatan belajar mengajar, namun di Indonesia sendiri masih sangat sedikit yang menggunakan discord untuk kegiatan belajar mengajar. Keinginan saya sebagai seorang pelajar yaitu kedepannya discord menjadi pilihan utama untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring, karena saya merasa bahwa discord adalah aplikasi yang menyenangkan dengan berbagai fitur yang dimilikinya, tergantung bagaimana pemilik server memelihara server tersebut. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan minat para pelajar untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar.

link video tutorial pengoperasian discord untuk kegiatan belajar mengajar : https://youtu.be/SLumuz9qE1I

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 54 = 60