Transformasi Digital di Sektor Pendidikan

Transformasi digital pendidikan adalah sebuah proses perubahan pola pikir manusia dalam pembelajaran dari cara tradisional ke teknologi digital. Perkembangan teknologi ini memiliki potensi yang luar biasa dalam mempercepat proses transformasi pendidikan. layanan teknologi yang terbukti mampu mendorong transformasi pendidikan menjadi lebih efisien tanpa mengesampingkan mutu hasil pencapaian siswa.

Menurut Cem Dilmegani (2022), transformasi digital dalam dunia pendidikan harus fokus pada tiga hal, yaitu:

  • Pertama, aksesibilitas. Menjadikan siswa mudah untuk mengakses informasi atau sumber belajar dengan mudah.
  • Kedua, pembelajaran interaktif. Media pembelajaran menjadi banyak pilihan yang membuat anak semangat belajar.
  • Ketiga, pembelajaran adaptif. Sangat memungkinkan untuk proses pembelajaran menyesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, dan lingkungan siswa untuk belajar.

Berikut manfaat adanya transformasi digital :

  • Kemampuan untuk update materi belajar dapat dilakukan dengan mudah

Perubahan kurikulum tidak lagi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikembangkan dan diperbarui. Siswa memiliki lebih banyak akses ke konten yang relevan dan diperbarui secara berkala.

  • Menghemat waktu

Platform belajar digital mampu memberikan model secara efektif dalam memberikan pembelajaran tambahan yang tidak didapatkan oleh para murid di sekolah

  • Pembelajaran digital dapat memperkuat suasana belajar yang lebih kolaboratif.

Dengan mengajari siswa berkolaborasi dengan tim lewat platform digital dapat membantu siswa mengenal kerja kolaborasi di dunia kerja yang sebenarnya.

Dalam menghadapi era society 5.0 mengajarkan kita bagaimana cara bertahan menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih. Maka dari itu kita memerlukan peran pemerintah agar Indonesia menghasilkan generasi yang diharapkan dan dapat membuat perubahan yang nyata untuk masa depan. Untuk mengoptimalkan proporsi peluang transformasi digital dalam pendidikan, masyarakat dan pemerintah perlu bekerja sama untuk menciptakan tenaga kerja yang cerdas dan berkualitas serta teknologi dan fasilitas yang tepat. Karena jika hanya satu pihak yang berpartisipasi, hanya akan ada tantangan yang berdampak pada keterbatasan dalam pendidikan mereka.

Berikut video penjelasannya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 26 = 30