Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dalam Bidang Hidrologi

Menurut Lilesand dan Keifer (1990) penginderaan jauh merupakan ilmu atau seni untuk memperoleh informasi mengenai suatu objek, daerah, atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa adanya kontak langsung dengan objek, daerah, atau fenomena yang dikaji. Data penginderaan jauh dapat berupa citra foto dan citra digital.

Citra
Citra adalah gambaran rekaman suatu objek hasil dari penginderaan jauh. Citra merupakan gambaran yang terekam oleh kamera atau sensor lainnya dan dipasang pada wahana satelit ruang angkasa dengan ketinggian lebih dari 400 km dari permukaan bumi. Sensor dalam kaitannya dengan penginderaan jauh merekam tenaga yang dipantulkan atau dipancarkan oleh obyek di permukaan bumi. Rekaman tenaga ini setelah diproses membuahkan data penginderaan jauh. Data penginderaan jauh dapat berupa data digital atau data numerik untuk keperluan analisis menggunakan komputer.

Hidrologi
Menurut Asdak (1995), hidrologi adalah ilmu yang mempelajari air dalam segala bentuknya (cairan, gas, padat) pada, dalam, dan di atas permukaan tanah. Sedangkan Arsyad (2009) berpendapat bahwa hidrologi adalah ilmu yang mempelajari proses penambahan, penampungan, dan kehilangan air di bumi.
Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari air dalam segala bentuknya (cairan, padat, gas) pada, dalam atau diatas permukaan tanah termasuk di dalamnya adalah penyebaran daur dan perilakunya, sifat-sifat fisika dan kimia, serta hubungannya dengan unsur-unsur hidup dalam air itu sendiri (Salsabila dan Nugraheni, 2020).

Pemanfaatan penginderaan jauh dalam hidrologi
Dalam bidang hidrologi, manfaat yang diberikan oleh penginderaan jauh antara lain sebagai berikut;
1. Penginderaan jauh dapat bermanfaat untuk proses pemetaan daerah aliran sungai (DAS) dan kawasan konservasi sekitar sungai
2. Inderaja bermanfaat untuk pemantauan sedimentasi sungai, misalnya di wilayah muara sungai.
3. Penentuan luas wilayah yang terkena dampak genangan sungai atau banjir
4. Pemantauan proses perubahan pada bentuk atau alur sungai

Berikut adalah link untuk video penjelasan mengenai Pemanfaatan Penginderaan Jauh dalam Bidang Geografi https://youtu.be/tXw-IusRzks

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 8 = 11