Bijak dalam bersosial media

Nama    : Intan Nurhaliza

NIM       : 2404421029

Di zaman era globalisasi saat ini, sangat banyak orang-orang yang sudah mempunyai dan menggunakan sosial media bahkan bukannya hanya dari kalangan orang dewasa saja, tapi anak-anak yang dibawah umur pun sudah bisa bermain sosial media. Sosial media sudah menjadi bagian rutinitas sehari-hari bagi manusia,  namun seringnya menggunakan media sosial juga akan menimbulkan dampak buruk bagi penggunanya mungkin bisa mempengaruhi  secara emosional maupun mental. Maka dari itu penting untuk kita bijak dalam bersosial media, Ketika menggunakan sosial media apa yang kita bagikan akan menjadi konsumsi publik, maka dari itu bijaklah ketika akan membagikan konten, informasi dan komentar agar tidak menimbulkan hal buruk serta tidak boleh merugikan orang lain. Terkadang kita tidak sadar sudah terlalu lama bermain sosial media dan ini bisa berdampak buruk terhadap kehidupan sosial bahkan kesehatan kita, jadi kita perlu untuk membatasi dalam bermain sosial media. Menurut salah satu studi yang dilakukan oleh university of British columbia memberi tahu kita bagaimana menggunakan sosial media bisa mempengaruhi tingkat kebahagian kita. Tips menggunakan sosial media dengan bijak versi senkom Mitra polri

1. Menjaga Sikap Dan Etika

  • Gunakan bahasa yang sopan beretika, santun, tata krama, saat berinteraksi dengan siapapun di media sosial,
  • Hindari kata-kata yang profokatif yang bisa memicu pembicaraan yang tidak ada gunanya serta tidak mudah terpancing,
  • Tidak menghina SARA dan kebencian
  • Menjaga sikap dan etika juga berlaku saat berinteraksi di komunikasi Analog maupun digita

2. Menjaga Privasi

Dengan kemajuan teknologi sangat mudah mendapat informasi mengenai pribadi seseorang di media sosial, namun jika informasi tersebut jatuh pada orang yang salah maka akan menumbulkan masalah jika data pribadi kita terpakai untuk tindak kejahatan.

3. Hindari Akun Negatif (Toxic)

Putus hubungan dengan akun-akun yang tidak dikenal, akun yang menyebarkan kepahaman menyimpang, menyebarkan ajaran premanisme, radikalisme dan intoleran apalagi akun yang suka menyebarkan pornografi dan segera keluar grup jika kita masuk ke dalam grup mereka.

4. Gunakan Medsos Untuk Kegiatan Positif

Media sosial memiliki banyak sekali manfaat positif yang bisa menguntungkan seperti mempelajari ilmu pengetahuan, mempublikasikan kegiatan, mempromosikan produk industri, membentuk jaringan pertemanan dan mengekspesikan eksistensi diri dengan tetap menjaga privasi.

5. Batasilah Penggunaan Media Sosial

A) Menjaga kesehatan fisik seperti mata, punggung, lambung/ sakit maag karena  makan tidak teratur.

B) Menjaga kesehatan mental, berikut penyakit mental yang disebabkan oleh media sosial

  • Fomo Syndrome / Fear of Missing Out (FoMO) adalah sebuah perasaan bahwa orang lain lebih bersenang-senang, menjalani hidup lebih baik, atau memiliki pengalaman yang lebih baik dibandingkan dengan diri kita.
  • Depresi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gangguan suasana   hati dengan perasaan sedih yang dalam dan berlebihan. Orang yang mengalami depresi akan kehilangan semangat dan minatnya dalam melakukan aktivitas.
  • Obsessive Compulsive Disorder (OCD) adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Apabila hasratnya tidak terpenuhi, maka si penderita akan diliputi oleh ketakutan dan ketakutan.
  • Voyeurisme adalah perilaku seseorang yang memiliki minat berlebih untuk melihat atau mengobservasi orang lain. Kegiatan ini dilakukan secara sadar dan sering dilakukan oleh seseorang dengan berbagai macam motif mulai dari mengisi waktu senggang hingga memenuhi hasrat seksual pelaku.
  • Narcissistic Personality Disorder Orang yang menderita Narcissistic Personality Disorder disebut dengan Narcissist. Orang dengan penderita ini menganggap bahwa dirinya lebih penting daripada orang lain. memiliki kebutuhan yang tinggi untuk dibimbing dan dibanggakan, tetapi ia memiliki empati yang rendah terhadap orang lain. Meskipun terlihat memiliki kepercayaan diri yang tinggi, orang narsis memiliki kepribadian yang rapuh dan mudah runtuh hanya karena sedikit kritikan.

Link Youtube :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + = 17