Mengenal Apa itu Investasi Saham dan Bagaimana Cara Memulainya

Di era yang sekarang ini banyak orang yang mampu mencari uang dengan bekerja di suatu perusahaan dan menghasilkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hidup mereka, namun tidak banyak dari mereka yang mampu mengelola keuangan mereka dengan baik. Sehingga membuat mereka harus terus menerus bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka di masa tua nantinya. Menabung atau menyimpan uang hasil bekerja saja tidaklah cukup dan faktanya setiap tahun terjadi inflasi yang membuat nilai dari uang kita berkurang seiring berjalannya waktu. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia rata-rata inflasi pertahun di Indonesia sebesar 3-4 % pertahun.

Salah satu cara dalam mengelola uang kita adalah dengan ber Investasi. Investasi ini sendiri adalah kegiatan menanam modal baik pada barang,bangunan, maupun bisnis dengan berharap mendapat keuntungan dalam kurun waktu tertentu. Ada banyak instrumen investasi yang ada sekarang ini seperti saham, sukuk, deposito, obligasi, asuransi, reksadana maupun jenis investasi lainya seperti tanah, properti, emas, ataupun menjalankan bisnis. Namun pada pembahasan ini kita akan mengenal apa itu investasi saham dan bagaimana cara memulainya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya investasi saham adalah kegiatan penanaman modal kepada badan usaha, yang mana kita sebagai penanam modal atau biasa disebut investor akan memiliki klaim atas aset dan penghasilan perusahaan yang kita investasikan dan kita pun juga berhak untuk mengikuti rapat umum pemegang saham tahunan.

Tujuan investasi orang berbeda beda sesuai dengan apa yang ingin dicapai orang tersebut, adapaun tujuan dari kegiatan investasi diantaranya,

  1. Menyiapkan dana untuk masa depan
  2. Mengembangkan aset yang dimiliki
  3. Mendapatkan penghasilan jangka panjang

Keuntungan Investasi Saham

Investasi saham merupakan salah satu instrumen yang memiliki return yang cukup tinggi, sebagai investor kita akan mendapat beberapa keuntungan dari investasi diantaranya,

  1. Potensi capital gain

Capital gain adalah keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli. Misalnya jika kita membeli suatu saham A diharga Rp.1000 per lembar dan kita membeli sebanyak 10 lot (atau 1000 lembar saham) maka dana yang kita kelurkan untuk membeli saham A adalah sebesar Rp.1.000.000,- dan kemudian kita menjual saham A diharga 1200 per lembar, sehingga kita memperoleh hasil dari penjualan sebesar Rp.1.200.000,- , Keuntungan dari capital gain ini adalah selisih dari harga jual dan harga beli yaitu sebesar Rp.200.000,- .

  • Dividen Saham

Keuntungan kedua yang mungkin di dapatkan oleh investor saham adalah berupa pembagian dividen. Dividen ini adalah laba dari perusahaan yang di alokasikan untuk dibagikan kepada investor dari perusahaan tersebut. Namun, tidak semua perusahaan membagian dividen setiap tahunya, dan besarnya dividen pun beragam, tergantung dari kebijakan perusahaan.

  • Dapat dijalankan dimana saja

Keuntungan dari investasi saham di era sekarang ini adalah tidak memerlukan waktu yang lama, kita bisa melakukan pembelan maupun penjualan hanya dengan menggunakan perangkany digital seperti SmartPhone atau Komputer.

Selain keuntungan, berinvestasi pada instrumen saham juga memiliki beberapa resiko yang harus diperhitungkan oleh calon investor, seperti potensi kerugian jika perusahaan yang kita investasikan mengalami kerugian yang menyebabkan penurunan harga sahamnya. Resiko lainny adalah jika perusahaan yang kita beli mengalami kebangkrutan sehingga harus dilikuidasi. Saat suatu perusahaan bangkrut maka kita sebagai investor akan menerima pengembalian dana investasi jika perusahaan tersebut telah melunasi semua kewajibannya. Selain itu resiko lain yang mungkin terjadi adalah jika perusahaan mengalami delisting atau penghapusan dari bursa saham Indonesia (Bursa Efek Indonesia). Sehingga hal ini membuat investor harus menjual sahamnya walaupun dalam keadaan rugi.

Dari semua hal diatas dapat disimpulkan bahwa saham merupakan instrumen investasi yang memiliki return dan resiko yang cukup tinggi, High risk high return. Di era sekarang yang serba digital iniuntuk memulai Investasi tidaklah sulit. Anda bisa memulai berinvestasi dengan membuka akun di sekuritas atau broker yang telah ada. Salah satu platform broker yang mudah digunakan oleh pemula adalah Ajaib Sekuritas. Anda dapat mengunduh aplikasi Ajaib di Playstore ataupun Appstore. Untuk informasi keamanan Ajaib ini sudah teregulasi dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Untuk lebih jelasnya silahkan teman-teman dapat menonton Video dibawah ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.