PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN DALAM KASUS YANG SEDANG AKTUAL

Indonesia adalah satu-satunya negara yang terkena gelombang dunia maya. Teknologi yang semakin canggih digunakan di segala sektor, menandakan perubahan zaman menuju masyarakat informasi. Dengan penggunaan mudah teknologi informasi dan komunikasi saat ini, setiap orang dapat menggunakan teknologi dan saling terhubung dengan jutaan komputer di seluruh dunia. Media sosial adalah media komunikasi yang tepat untuk digunakan jika dihubungkan dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang ramah, berjiwa sosial tinggi, gemar memperlihatkan akivitas, dan tidak begitu memperhatikan masalah privasi. Berbagai jenis media sosial telah menjadi akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu media digital yang kian marak berkembang di Indonesia adalah TikTok. Aplikasi ini digunakan oleh pemilik akun TikTok untuk menghibur diri dan menyediakan video dan musik dengan durasi hingga tiga menit, yang memungkinkan pengguna untuk membagikannya dengan orang lain. Aplikasi ini sudah ada di Playstore, jadi siapa pun yang memiliki akun dapat mengakses Tik Tok dengan mudah. Media sosial Tik Tok telah menjadi budaya populer di Indonesia untuk beberapa alasan. Ini termasuk video pendek yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, layanan video pendek yang mudah digunakan, pengoperasian yang mudah, tingkat produksi yang canggih, kebebasan pengguna, konten yang membahas tren saat ini, pengaruh selebriti dan orang berpengaruh, dan pemasaran yang menarik.
Dengan banyaknya fungsi tiktok dan sangat mudah dalam pengaplikasiannya bagi semua kalangan usia. Mulai banyak konten kreator yang membranding dirinya dengan target penonton yang berbeda-beda. Jenis konten, antara lain:
Konten edukatif: Konten yang bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada audiens.
Konten hiburan: Konten yang bertujuan untuk menghibur audiens.
Konten promosi: Konten yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa
Konten opini: Konten yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat atau pandangan kepada audiens.
Salah satunya yaitu konten tentang pembelajaran yang membahas kasus atau masalah terkini dengan metode cerita dalam video singkat yang disajikan memudahkan penonton menangkap atau update dengan berita atau masalah sosial di masa sekarang. Dalam video tersebut juga biasanya melampirkan sumber yang akurat serta dasar-dasar hukum yang digunakan.
Berdasarkan penjelasan dan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa Tik Tok, dengan berbagai fiturnya yang menarik dan mudah digunakan, dapat digunakan dengan tepat dan efektif sebagai media edukasi, khususnya untuk pembelajaran tentang hukum dan kasus yang marak dimasyarakat. Dan efek konten kreator atau selebriti tiktok sangat berpengaruh saat ini, para audiens yang menjadi sasaran dari video yang beredar di tiktok jadi tertarik untuk mengetahui lebih lanjut atas kasus atau masalah yang ada di masyarakat. TikTok mampu mempengaruhi kecepatan penangkapan suatu hal terhadap seorang individu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =